Hantu Jeruk Purut Reborn, Kebangkitan Film Horor Indonesia?


Saat ini film bergenre horor menjadi salah satu genre terfavorit untuk ditonton bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, Indonesia yang memiliki banyak sekali urban legend ataupun mitos-mitos serem yang tentunya membuat masyarakat Indonesia penasaran dan pengen melihatnya secara langsung meskipun cuma dari film. Berbagai cerita mistis serta video-video paranormal experience sangat laku dilahap oleh pengguna internet di Indonesia. Tidak terkecuali film-film horor yang selalu menjadi sasaran di bioskop hingga rela antri dan menontonnya di deretan kursi depan yang notabene kurang nyaman loh.



Ngomongin film, dulu, sebelum film-film barat menguasai bioskop, film horor Indonesia sempat berjaya dan menjadi tontonan yang menarik serta menjadi perbincangan di kalangan anak muda. Dimulai dari film-film Suzanna yang membuat satu Indonesia merinding dengan hanya melihat matanya sehingga membuat namanya dikenal sebagai aktris horor nomor satu di Indonesia. Tidak hanya berhenti disitu, di medio 2000an juga masih banyak film horor Indonesia yang cukup booming seperti Kuntilanak garapan Rizal Mantovani, film Bangku Kosong yang disutradarai Helfi CH Kardit, serta tidak lupa film Hantu Jeruk Purut yang diusung oleh Nayato Fio Nuala Film tersebut berhasil membuat bioskop dipenuhi manusia yang penasaran dengan hantu-hantu khas Indonesia tersebut. Bahkan dulu saat masih banyak tempat rental DVD, selalu saja DVD horor yang menjadi pilihan utama para konsumen loh. Sayangnya, semua itu kini hanya tinggal kenangan aja.


Bisa dibilang setelah film Kuntilanak, Kursi Kosong serta Hantu Jeruk Purut, film horor Indonesia memasuki era kegelapan. Bagaimana tidak, dimulai dari film-film luar yang menjajah bioskop Indonesia membuat para penonton beralih untuk menonton film horor luar yang terlihat lebih menarik serta digarap jauh lebih matang dibandingkan film-film lokal. Selain kualitas gambar yang jauh lebih baik, yang membuat film horor lokal  ditinggalkan para pecintanya tidak lain dan tidak bukan karena film horor lokal yang sudah tidak ada lagi kesan seramnya dan malah lebih menonjolkan badan-badan seksi aktrisnya.



Yah meskipun tidak semuanya seperti itu dan ada beberapa juga film yang masih berada di jalur yang benar sih. Tapi, sayangnya masyarakat sudah terlanjur men-cap kalo film horor lokal sekarang sudah gak ada yang menarik dan tidak lagi terasa menyeramkan. Sehingga pecinta horor Indonesia pun beralih ke film horor barat yang jauh lebih menyeramkan, jauh lebih menarik serta jauh lebih berkualitas dibandingkan film horor lokal yang ada pada saat itu.

Meskipun begitu, saat ini para film maker Indonesia masih berusaha membuat film horor yang bisa menarik perhatian pecinta film Indonesia. Perlahan-lahan film horor esek-esek sudah mulai menghilang dan mulai hadir film horor yang lebih berkualitas. Meskipun masih belum bisa mengembalikan ke masa jayanya, tapi saat ini terlihat jauh lebih baik dan sudah berada di jalan yang benar. Dimulai dari film Danur yang dibintangi prilly, Petak Umpet Minako yang digarap oleh Billy Christian, dan yang sebentar lagi mau tayang yaitu Hantu Jeruk Purut Reborn yang disutradari oleh Koya Pagayo dan dia juga yang langsung menulis naskah film ini sehingga apa yang Koya Pagayo inginkan seharusnya bisa berjalan dengan baik di film ini.


Ingin mengulang kesuksesan film Hantu Jeruk Purut, Shanker RS, selaku produser, kembali membuat ulang film yang dibintangi oleh dua artis cantik yaitu Sheila Marcia dan Angie Virgin yang juga berperan di film Hantu Jeruk Purut yang dulu. Film yang diberi judul Hantu Jeruk Purut Reborn itu digarap oleh Shanker RS bersama dengan DFM Pictures. Selain dua aktris itu, Film Hantu Jeruk Purut Reborn ini juga dibintangi oleh Brayn McKenzie, Aji Alfarent, Aulia Savira, dan masih banyak lagi loh.
diambil dari Hantu Jeruk Purut Reborn Official Trailer
Film Hantu Jeruk Purut Reborn (2017) ini akan bercerita tentang Ayah Jenny yang dikabarkan telah meninggal dunia. Kabar itu mengejutkan semua keluarga Jenny. Prosesi pemakamam berjalan dengan lancar tanpa kendala, di TPU Jeruk Purut, Akan tetapi setelah mereka kembali kerumah masing-masing setelah pemakaman, ada sesuatu yang janggal. Farah (teman Jenny) merasa dirinya telah diikuti oleh sesosok makhluk halus. Dia kemudian menceritakan hal itu pada Jenny dan juga Reno, akan tetapi mereka berdua hanya menganggap itu hanya candaan Farah, dan mereka tak mempercayainya. Dikarenakan ketidak percayaan tersebut membuat mereka dihantui.
diambil dari Hantu Jeruk Purut Reborn Official Trailer
Dengan cerita yang lebih fresh serta dengan didukung dengan dana yang cukup mumpuni diharapkan film ini mampu menarik kembali perhatian masyarakat akan film horor lokal. Bukan tidak mungkin dengan adanya film ini nantinya membuat TPU Jeruk Purut kembali ramai menjadi perbincangan dan banyak dikunjungi oleh masyarakat yang penasaran ingin merasakan sendiri pengalaman berada di TPU Jeruk Purut yang terkenal angker dan menjadi salah satu tempat terseram di Indonesia berkat film Hantu Jeruk Purut pada tahun 2006 lalu.
diambil dari Hantu Jeruk Purut Reborn Official Trailer
Film ini rencananya akan ditayangkan perdana pada tanggal 14 September 2017 diseluruh Indonesia, dengan cast-cast yang cukup baik, penulis naskah dan sutradara juga langsung dilakukan oleh orang yang sama juga menjadi nilai lebih karena pastinya film akan digarap dengan sangat baik dan sesuai harapan penulis naskah. Apalagi film ini juga diproduseri oleh Shanker RS yang terkenal dengan keseriusannya menggarap film-film horor menjadi sebuah tontonan yang menarik dan tentunya mampu membuat penonton merasakan keseraman yang nyata.
diambil dari Hantu Jeruk Purut Reborn Official Trailer


Saya rasa film Hantu Jeruk Purut Reborn ini sangat wajib buat ditonton, terutama buat kalian yang sudah sangat rindu dengan hantu lokal yang jauh lebih menakutkan dibandingkan hantu-hantu barat. Dengan menghadirkan kembali hantu Pastur Kepala Buntung, film ini berharap para pecinta film horor bisa bernostalgia dan kembali merasakan kengerian yang dulu pernah dihadirkan film Hantu Jeruk Purut di tahun 2006 silam. Menarik ditunggu, apakah film ini mampu kembali membuat film-film horor lokal merajai bioskop tanah air dan menjadi pelopor kebangkitan film horor lokal yang saat ini masih dipandang sebelah mata? Ayo kita serbu bioskop tanggal 14 September nanti!

#LombaHantuJerukPurutreborn
SHARE

Khusairi Abdy

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

1 komentar:

  1. Sepertinya mencekam dan enggak semata-mata jual keseksian dan kemolekan body wanita-wanita cantik lagi nih mas. Keren, wajib nonton nih ...

    ReplyDelete