Yogyakarta : Sebuah Harmoni Antara Manusia, Budaya, dan Alam

source background picture : http://marketeers.com


Yogyakarta merupakan salah satu kota terbaik yang ada di Indonesia. Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, seperti kebudayaan yang melimpah, kekayaan alam yang begitu mempesona, serta hal yang paling menarik dari kota pelajar ini tentunya adalah masyarakatnya yang terkenal ramah, murah senyum, sederhana dan kepedulian masyarakatnya terhadap budaya dan alam. Budaya luhur ini sejak lama tertanam pada kota gudeg ini. 



source : dijualrumahjogja.com

Yogyakarta memiliki 4 kabupaten satu kotamadya, kabupaten Bantul yang terletak diselatan kota Jogja, Kabupaten Kulonprogo yang ada di sebelah barat daya kota Jogja. Kabupaten Sleman yang ada di sebelah barat sampai utara kota Jogja, dan yang terakhir Kabupaten Gunungkidul yang ada di sebelah timur kota pelajar ini. Tiap-tiap kabupaten tersebut memiliki kebudayaan, dan kearifan lokal tersendiri. Meski memiliki kebudayaan yang berbeda tapi keempat kabupaten tersebut saling melengkapi satu sama lain untuk membangun Jogja Istimewa.

Dengan berbagai kekayaan Yogyakarta itu membuat Yogyakarta sebagai kota yang kaya akan potensi pariwisata kebudayaan baik fisik maupun nonfisik. Alhasil, bermunculan pembangunan di berbagai daerah guna menarik orang luar datang ke Yogyakarta. Dengan Jargon Jogja Berhati Nyaman, tak heran kalau Yogyakarta semakin ramai dikunjungi karena potensi keramahan warga sekitar yang berbudaya.

Walaupun saat ini di Jogja sudah sangat banyak pendatang dari luar daerah, tapi tetap saja identitas Jogja tidak akan pernah hilang. Hal ini tentu saja karena kearifan lokal Jogja yang begitu kuat mampu membuat dan menggerakkan masyarakat lokal maupun pendatang untuk ikut melestarikan budaya dan alam yang ada sehingga Jogja tidak kehilangan keeksotisannya. Bahkan terkadang malah para pendatang yang lebih peduli terhadap kota pelajar ini, mereka membuat komunitas-komunitas yang bertujuan untuk menjaga kota Jogja tetap lestari dengan budaya yang kuat dan alamnya yang melimpah, sehingga tercipta harmoni antara manusia, budaya, dan alam.



source background picture : http://wargajogja.net

Salah satu komunitas yang peduli terhadap Jogja yang mana anggotanya terdiri dari mahasiswa dari berbagai daerah yaitu KUJ (Komunitas Untuk Jogja). Fadjar Basoeki (57), mahasiswa alumni Pertanian UPN, merasa bahwa praktik ilmu secara nyata di masyarakat kadang kurang mendapat tempat di perkuliahan, sehingga beliau pun mendirikan KUJ sebagai wadah persiapan para mahasiswa setelah lulus kuliah dan juga agar para mahasiswanya tidak melulu hanya berfokus kepada kuliah, tapi juga bisa peduli pada masyarakat dan lingkungan. Bermarkas di Demangan, KUJ dibentuk sebagai universitas kehidupan yang berfokus pada pengabdian masyarakat.




Kegiatan rutin yang biasa dilakukan KUJ yaitu Sabtukologi. Sabtukologi merupakan kegiatan dimana semua anggota KUJ berkumpul di markas KUJ untuk belajar bersama, seperti belajar memelihara halaman atau kebun serta praktik-praktik lain yang dirasa mampu dilakukan di daerah perumahan. Selain itu, ada juga sesi sharing antar anggota yang dilakukan sehingga dapat menjaga terjalinnya komunikasi dari masing-masing anggota KUJ. KUJ juga aktif melakukan pemberdayaan ke daerah-daerah terpencil atau desa-desa di Yogyakarta. KUJ sering memberikan pelatihan kepada masyarakat setempat untuk menghidupkan daerahnya dengan kearifan lokal yang dimiliki daerah tersebut, terutama dalam potensi alam maupun kuliner. KUJ mengajarkan bahwa potensi yang dimiliki harus dimaksimalkan oleh yang mempunyai potensi tersebut yaitu masyarakat setempat, bukannya dikelola oleh pihak lain dan malah dimanfaatkan untuk kepentingan sendiri.




Sebenarnya Jogja memiliki begitu banyak kearifan lokal yang masih belum dimaksimalkan ataupun yang sudah terlupakan, apalagi sekarang pembangunan di Jogja yang semakin mengikuti arus globalisasi, sehingga Jogja pun semakin men-Jakarta. Banyak hotel maupun mall disetiap sudut kota, jalanan yang begitu sesak dengan pengendara, dan mulai terlupakannya budaya lokal Jogja. Maka dari itu kita perlu kembali membangkitkan semangat kita untuk peduli terhadap budaya dan alam, kembali melestarikan dan memaksimalkan kearifan lokal Jogja yang tidak akan dipunyai negara-negara lain, sehingga menambah daya tarik Jogja dan membuat orang-orang mengunjungi dan turut peduli dengan budaya dan alam di Jogja.


source : beritadaerah.co.id

Melalui Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia), Grup Astra melakukan langkah yang nyata untuk berperan aktif Indonesia. Mereka memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia. Grup Astra berharap dapat selalu memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya dan bisa memotivasi masyarakat sekitar untuk turut peduli terhadap lingkungan yang dipijak.

Grup Astra juga sangat peduli terhadap Sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Karena mereka menganggap SDM merupakan aset utama yang memegang peran penting bagi pencapaian kinerja perusahaan yang baik secara berkelanjutan. Astra tiap tahunnya selalu menyelenggarakan InnovAstra, yang merupakan ajang untuk menampilkan dan menghargai kemampuan berinovasi seluruh Insan Astra di tanah air. Hal tersebut menjadi wadah masyarakat dalam menciptakan dan membangun budaya inovasi di dalam perusahaan.


source : http://duniabiza.com

Dengan inspirasi 60 tahun Astra yang selalu turut berkontribusi membangun Indonesia, Grup Astra berharap agar masyarakat juga ikut termotivasi untuk bisa membangun Indonesia serta menjaga kelestarian budaya serta selalu menjaga alam yang ada di Indonesia. Karena tanpa budaya dan alam, Jogja tidak akan lagi istimewa. Maka dari itu, Jogja membutuhkan manusia-manusia yang peduli terhadap alamnya, peduli terhadap budayanya, dan peduli dengan segala hal yang ada di Jogja. Apakah kamu manusia tersebut?
SHARE

Khusairi Abdy

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

28 komentar:

  1. Keharmonian antara manusia, budaya dan alam sehingga terciptalah daerah yg istimewa, yaitu yogyakarta....


    Yogyakarta is the best. πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  2. jogja istimewa karena komponen-komponen di dalamnya yang juga istimewa. 😍

    ReplyDelete
  3. Jogja emang keren yaa apa lagi alam alamnyaa😍😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah kak, pasti sering jalan-jalan nih =))

      Delete
  4. jogja ku, semakin hari semakin membuat jatuh cinta♡

    tulisannya josss..

    ReplyDelete
  5. Jogja peduli alamnya gak kalah sama istimewanya πŸ˜‚πŸ‘

    ReplyDelete
  6. Jogja peduli alamnya gak kalah sama istimewanya πŸ˜‚πŸ‘

    ReplyDelete
  7. jogja istimewa karena aku istimewa :*

    ReplyDelete
  8. Jogja memang indah.. maka dari itu kita sebagai masyarakat yg tinggal di jogja harus peduli dan merawat keindahan alamnya, serta melestarikan budaya yang ada dikota istimewa ini♡

    ReplyDelete
  9. Jogja😍Pengen cepet2 ke jogja deh.

    ReplyDelete
  10. Jogjaku istimewa πŸ˜ŠπŸ‘Œ

    ReplyDelete
  11. Selalu suka menikmati budaya Jogja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jogja emang tempat yang nyaman banget mas, apalagi buat para pendatang, hehe

      Delete